Trik Berfoto Instagramable Saat Liburan

Be Samyono [20052020.12.47]

Photo adalah salah satu oleh-oleh yang bisa memberi banyak cerita mengenai traveling kita. Orang Indonesia terkenal banci photo. Karena dimana-mana harus photo dan segala obyek bisa dijadikan teman photo. Inilah yang biasanya membuat lambat perjalanan kita dalam group traveling. Membagikan photo-photo itu dalam sosmed menjadi hal wajib yang jadi goal perjalanan. Hanya saja tidak gampang mengambil photo traveling terutama di tujuan favorite dimana begitu banyak orang yang mengunjungi. Kenyataan taklah seindah brosur perjalanan yang kita terima.  Photo kitapun tak lagi bebas background manusia alias bocor.  Menyedihkan!. Dari beberapa perjalanan yang saya lakukan mungkin beberapa trik disini bisa membantu memgarahkan bagaimana kita bisa dapatkan photo yang instagramable dalam traveling.  Termasuk menghilangkan kebocoran tadi.  Tanpa aplikasi atau editing!:

  1. PILIH SUDUT BACKGROWN

Meski pengunjung banyak namun tak semua bagian wisata ramai orang bukan. Pandailah mencari sudut mana yang sepi yang menungkinkan mengambil photo secara bebas tanpa bocor. Biasanya sudut manarik ini tak diketahui banyak orang namun bila anda peka akan ciamik mendapatkannya. Anda cukup ekspore dimana tempat yang tepat itu, dimana obyek utama bisa masuk dalam frame anda. Bila sudut itu memang favorit bagi semua pengunjung lakukan budaya antri untuk memfoto.

  1. MANFAATKAN TIMING

Mencari waktu luang disaat pengunjung agak sepi adalah trik lain agar photo kita bebas bocor. Perlu kesabaran namun banyak orang juga bisa menghargai usaha kita seringkali mereka memberi waktu itu. Disaat seperti ini kita mesti cepat dan ready diphoto sehingga tidak mengganggu dan menyusahkan orang lain yang juga sama ingin menikmati obyek itu.

  1. PILIH JARAK PENGAMBILAN

Bila keramaian itu tak bisa anda hindari pilih jarah pengambilan yang dekat demgan kamera. Tutupilah sebagian besar kerumunan dibelakang anda dengan orang yang anda photo. Akan lebih baik bila anda bisa menggunakan kamera bokeh (blur dibelakang) meski anda harus mengorbankan detail obyek dibelakang anda.

  1. PILIH OUTFIT MENCOLOK

Menggunakan outfit mencolok akan membuat anda menonjol meski dalam keramaian. Tentu ini butuh modal keberanian untuk bisa stand out dari kondisi sekelilingnya.  meskipun photo anda akan bocor sana sini namun pose dan style and ayang berbeda akan menjadi daya tarik tersendiri. tanpa perlu effort lebih menunggu waktu sepi.

  1. AJAK PARTNER

Ajaklah partner untuk jalan. Paling tidak bisa untuk berfoto bergantian. Swaphoto sangat tidak saya sukai karena banyak keterbatasan dan tidak indah. Pun minta bantuan orang, ini sangat tidak bisa kita kontrol hasilnya. Kalau menggunakan selft timer lebih mending tapi perlu media agar kamera kita punya tempat. Jadi teman jalan adalah pilihan yang tepat sejauh teman anda mempunyai kemampuan memotret seperti yang anda inginkan.

  1. LATIH GAYA

Tambahan agar photo kita indah dan bisa dipamerkan di IG adalah pose yang natural. Ini tak mudah karena butuh latihan sehingga photo kita tak sekedar seperti poto liputan ataupun photo KTP. Perlu menghilangkan urat malu berpose didepan umum. Ini kunci photo terlihat profesional.  Hal ii perlu karena bisa jadi kita akan melakukannya di tempat umum.

  1. EDITING

Bila hasil kurang maksimal anda bisa mengedit minor photo dengan mencrop yang tidak perlu atau menerangkan bagian gelap. Atau bila anda ingin lebih profesional dan punya waktu mainkan aplikasi editing seperti photoshop dan light room bagi yang canggih atau beauty plus yang hanya ingin terlihat lebih muda dari umurnya tanpa operasi dan program pemutihan. Hahaha

*******

Pengalaman saya selama ini adalah mengajak istri sebagai partner jalan dimana kita saling memfoto dan diphoto. Sabar mencari sudut dan cepat mengeksekusinya karena waktu sempit. Anak anakpun sudah terbiasa dengan metode ini dimana mereka sudah ready dan cepat diambil photonya agar tidak hilang moment atau kerumunan bertambah banyak. Akan selalu ada hasil berbeda untuk yang diambil dengan penuh perjunagan ini. 

Selamat hunting!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *