image
sambooks

4 Tahun Usia Sophia: Celoteh (1)

December 17th, 2012

[Catatan Ayah]

By Be Samyono (0912012-22.21) 

Lima tahun usia pernikahan saya, berarti telah 4 tahun usia Sophie.  Gadis kecil ini tetap membuat saya selalu menitikkan air mata terima kasih atas kehadirannya di tengah cinta saya dan Bunda.  Dia tidak saja memberi kemudahan untuk mengasuhnya namun juga cintanya telah mengikat keluarga besar kami untuk saling rekat dan terikat. Saya masih ingat betapa saya menginginkan seorang anak perempuan yang bisa mengikat semua hati keluarga kami yang sungguh berbeda latar belakang dan pandangan dengan cintanya.  Dan nama Kinanthi ternyata jauh melebihi harapan kecil saya. Alhamdullilah.

Catatan ini sepertinya terlambat untuk diselesaikan mengingat bulan depan dia telah usia lima tahun.  Saya merasa bersalah tidak bisa secara konsisten untuk menuliskan perkembangannya.  Namun kadang waktu membelenggu.  Sejauh ini tak ada harapan lebih kepada gadis kecil ini kecuali dia bisa menjadi dirinya. Dan kali ini saya merangkum celotehnya yang selama usia 4 tahunan ini saya publish di FB saat tak ingin moment indah bersamanya terhapus waktu.

*******

PEMBICARAAN SEBELUM TIDUR

Ayah: bagaimana sekolahmu hari ini? Menyenangkan?
Sophia: iya, kemarin khan aku gak masuk krn sakit.
Ayah: apakah kamu bertemu temanmu si Putri palsu?
Sophia: tidak, hari ini dia sakit, gak masuk sekolah.
Ayah: bertemu kahfi? Najwa? Naju? (dilihat sophia mengangguk) lalu NAJONG?
Sophia: Nadja ayah, bukan Najong (geregetan)
Ayah: (tersenyum menggoda)

*******

MENGOMPOL

Semalam sophia tanpa disangka mengompol. Kami membahasnya hari ini.
Ayah: sepertinya tempat tidur sebelah sini bau sekali
Sophia: iya aku ngompol
Ayah: wow … Kenapa begitu?
Sophia: kemarin malam aku lupa pipis?
Ayah: bagaimana bisa?
Sophia: entahlah,sepertinya aku lupa segala hal (bermimik menyesal)
Ayah: halah …. Lebay!

*******

BAHASA INGGRIS 

Saat sophia minta ditemani belajar dr buku aktivitas. Dia menanyakan kepada ayah.
Sophia: Yah… Bahasa inggrisnya ini apa (sambil menunjuk gambar)
Ayah: emang apa itu?
Sophia: buat merebuas air.
Ayah: ooo.. kettle
Sophia: ketel? (Tertawa terpingkal2)
Ayah: (heran) apanya yg lucu?
Sophia: kok aneh namanya mirip kata KETELEN hahaha
Ayah: imajinasimu yah.. Hahaha

*******

KARAOKE 

kesenangan Sophia karaoke kebawa hingga saat dia jalan-jalan. Terlihat dia menyanyi lagu daerah dalam mobil.
Ayah: nanti karaoke aja yuk! (berujar sambil memangkunyapenuh semangat)
Sophie: asyik!
Ayah: kalau gitu kita nyanyi bareng aja dulu yuk, 1,2,3: “Pulang ke kota mu … ada……
Sophia: (menutup telinganya)
Ayah: Napa? (heran)
Sophia: Lagunya ….. “CAPEK DEEHHH”
Semobil: hahahahahahahaha

*******

JARI-JARI

semalam hasil chit-chat dengan Sophia:
Sophia: ayah aku lupa menanyakan sesuatu?
Ayah: aaappaaaa? (sambil berkonsentrasi pada kepala yang nempel guling)
Sophia: kenapa jari beruang ada empat?
Ayah: Hah? (tak expect dengan pertanyaan ini), dari mana kamu tahu beruang jarinya 4, cantik?
Sophia: dari Detective OSO yang di Disney Junior. Dia khan beruang dan jarinya cuman 4. Aku bingung padahal kita jarinya khan lima.
ayah: (jangankan kamu ayah aja bingung jawabnya#senyummanis) duh! (tolong!)

*******

DEBAT KAKEK

Sejak sophie tahu bahwa dia akan mempunyai adek. Tugas berat kami adalah menyiapkan dia agar paham arti kehadiran anggota keluarga baru. Paham untuk menerima, berbagi dan bekerjasama dengan kami juga calon adeknya nanti. Pelan-pelan dia mulai mengerti dan merasa nyaman serta sering kami ajak berkomunikasi dengan calon adeknya. bagaimanapun 4 tahun 100% kasih sayang untuk dia, tentu tak mudah bagi

nya untuk membagi nanti. Dan suatu hari saat kakek dan sophie terlibat pembicaraan:

Kakek: Kamu ingin adek cowok atau cewek?
Sophie: Dulu cewek, karena aku ingin dia bisa main princess bareng aku.
kakek: Memang sekarang kamu ingin cowok?
Sophie: iya, aku berubah pikiran.
kakek: Kenapa?
Sophie: Biar ada yang temani ayah. Karena aku cewek, aku sudah menemani Bunda.
Kakek: oooo … Trus adekmu sekarang keliatannya cowok atau cewek?
Sophie: kakek! khan belum lahir!

Nah! hahaha kakek kalau bertanya yang logis yah hahaha

*******

SAKIT

Pagi ini sophie absen sekolah krn kena diare. Suspect karena dia suka meniru temen mengulum jari. Dan sebelum ayah & bunda berangkat kerja, ayah sempat mengajaknya bicara.

Ayah: kamu tahu kenapa tidak sekolah?
sophie: Aku sakit ayah?
Ayah: sebab sakitnya apa?
Sophie: karena suka gigit jari
Ayah: Sekarang setelah tahu akibatnya masih mau gigit jari?
Sophie: (geleng2) aku mau sekolah saja.
Ayah:

besok kamu bisa ke sekolah kalau kamu sehat dan harus belajar gak gigit jari lagi
Sophie: (mengangguk dengan wajah menyesal)

#Gak tega benernya. Krn tahu sophie amat sangat suka sekolah. tapi ada kalanya anak harus belajar untuk mengerti akan “pilihan dan konsekwensi”. cepet sembuh ya cantik

*******

HANDPHONE

sophie: bunda kalau aku besar beliin handphone yah.
Bunda: kamu besarnya kapan?
Sophie: nanti kalau TK
Bunda: Hah… Bentar lagi dunk. Entar kalo SMA aja.
Sophie: duh jangan … Kelamaan.
Bunda: $#*?!/:;’#

 *******

 RAHASIA

Percakapan ayah, bunda dg sophie menjelang tidur:
B: jadi nanti SD kamu sekolahnya di malaka?
S: tidak, tetap di al azhar saja
B: kenapa begitu?
S: aku berubah pikiran

A: kamu kecil kecil suka berubah pikiran
S: karena itu ada dalam diriku
B: hah … apa itu?
S: RAHASIA
A+B: ……………….. (SENYAP)

*******

MANDI

Saat di hotel Putri Pan Pacific Hotel Johor Baharu, Johor, Malaysia:

Sophia : mbak Nik renang yuk
Ninik : nggak ah mbak Nik takut air
Sophia: jadi kalau mandi selama ini pake apa? (polos)
Ninik: @#%$&*

*******

HANDPHONE 2

satu penggal pembicaraan 2 wanita di rumah:
Sophie: Bun nanti kalau aku sudah TK aku bawa handphone ya bun?
Bunda: ……………………………………………….
Sophie: Handphone yang besar saja kayak punya ayah, yang ipad yah bun.
Bunda: Bunda aja gak punya dan gak pakai ipad kok kamu mau pakai, bagaimana toh?
Sophie: kalau gitu bunda pakai saja. biar nanti kita samaan. ya bun ya.
Bunda: #@^$&&@!

*******

SAMPAH

Mendidik anak bersikap positif kadang malah sering berbenturan dengan habit yang terjadi diluar. dan mau tak mau memberi pengertian extra menjadi wajib untuk menghindari sikap kebingungan akan mana yang tepat dan tidak. seperti yang beberapa waktu lalu sophie alami:

Sophie terlihat bingung setelah makan biskuit di saat menjemput saudaranya pulang sekolah. Serta merta dia menghampiri penjual biskuit itu.
Sophie: bu dimana tempat sampahnya ya?
Penjual: buat apa nak? disini gak ada.
Sophie: aku mau buang sampah
Penjual: Aduhhh ini anak siapa ya. Buang sampah saja bingung cari tempat sampah. buang aja di situ juga gak papa kok.
Sophie: ??????

*******

KAWATIR

Saat Di TAKSI:
tut..tutttt …
Sophie: halo ayah assalamualaikum, ayah dimana?
Ayah: waalikum salam, Masih di jalan Sayang. Ada apa?
Sophie: Ayah aku mau bertanya. Kenapa hari ini Bunda pulang sendiri dan ayahpulangnya lebih malam? seharusnya ayah bunda pulang bareng.
Ayah: Ooo ayah tadi taraweh dulu di masjid dekat kantor. Dan bunda taraweh dirumah jadi pulang nya tidak bersamaan.
Sophie: Cepet pulang ya ayah aku mau bobo loh

Ayah: jangan kawatir ini dah mo sampai rumah kok. ditunggu yah.
Sophie: Baiklah ayah. da daaa….
Klik …
————————————–
Di RUMAH setelahnya
Sophie: Bunda aku harus telepon ayah lagi
Bunda: Loh barusan telepon
Sophie: Ada yang aku lupa untuk aku tanyakan ke ayah
Bunda: Apa itu?
Sophie: Aku kawatir apa ayah sudah makan atau belum ya?
Bunda: Hah?

*******

NGEMALL

Sophie: ayah dimana bunda kok belum pulang?
Bunda: hujan sayang ayah agak terlambat
Sophie: emang sekarang ada dimana?
Bunda: di plaza semanggi cari taksi
Sophie: kok malah nge-mall
Bunda: hahahahhaha

(Bersambung)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Filed under: Celoteh Sophie


Sorry, the comment form is closed at this time.

Sorry, the comment form is closed at this time.

« - »

About Me



About Mine

    RSS SamBizz

    • UAI Business Launching #8
      Perjalanan 8  tahun Business launching merupakan perjalanan yang patut di apresiasi, tidak saja menunjukkan konsistensi namun juga perkembangan kualitas dan skala eventnya.  Selain itu patut pula diapresiasi bagaimana Univ. Al Azhar berkomitmen dalam pengembangan wirausaha di Indonesia sesuai dengan visinya sebagai Entreprising University.  Memberi wadah dan pendidikan yang mumpuni untuk terciptanya entrepreneur yang berkarakter islami […]
    • UAI Business Launching #7
      Entrepreneurship lebih dari sekadar memulai sebuah bisnis. Entrepreneurship, dalam arti luas, adalah jawaban terhadap munculnya berbagai persoalan sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di negara kita. Di tengah dunia yang berubah begitu cepat, semangat dan jiwa kewirausahaan sangat dibutuhkan setiap organisasi, utamanya dalam menciptakan peluang-peluang baru, menawarkan solusi, dan […]

    RSS SamWords [Fiction]

    • Patok
      By Be Samyono (28082009-13.34)Kepalaku sudah dalam peciku, tubuhkupun telah berada dalam sarungku. Dan kini seperti beberapa tahun yang lalu aku kembali berada disini. Di Musholla ini. Musholla persinggahan. Tempat menumpang saat tarawih ramadhan datang.Tak ada yang berubah. Pilar kokoh berukir masihlah menaungi, muram berbalut tarikan benang jaring laba-laba. Permadani hijau bergambar kubah
    • Aku “Dipaku Priaku” Mengucap
      By Be Samyono (17112008-09.30)Hanya terinspirasi begitu saat aku menuliskan fiksi “Dipaku Priaku”. Inspirasi dari beberapa teman dengan pengalaman serupa dan terispirasi dari rekan yang terlepas pasungnya. Sebaris email minggu aku terima dari seorang diantara mereka. Dari seorang AKU “DIPAKU PRIAKU” yang berucap:Hai Sahabatku yang Memahami Hatiku….Setelah sekian lama, akhirnya kau berbagi tentang

    RSS SamLens [Photography]



My Bizz



My Networks



Category



Recently Writing

Recent Comments

  1. Joko: We love them as they are. Pray all the best for my lovely daughters Amin
  2. imgar: smoga tahun depan bisa ke sana.
  3. sam: ada bu video kelahirannya. kalau lihat lagi jadi gak tega hahaha
  4. Oline: ilona seperti pelengkap kebahagiaan ya pak. what a great name :-) kalau ada videonya, boleh liat dong pak...
  5. sam: Makasih mbak. Iyo soal jeneng iki malah mikire 9 bulan lebih hahahaha
  6. sam: makasih oom mamat. Moga menjadi kehidupan yang di ridhoi
  7. retnanda: selamat ya.. namanya bagus banget… suka… mengingat dulu susah banget merangkai nama untuk anak...
  8. mamat: Wah selamat yah. Membaca ini seperti dibawa ke sebuah rangkaian cerita tentang kehidupan. Selamat datang Kikan...
  9. IJe: kantor pusatnya yang dekat monas oom.. iklannya yang baru, yang 3 hari 3 malam itu..
  10. besamyo: bisa di rekomendasikan provider tsb tante?
  11. IJe: abis baca jadi inget pengalaman temen pake provider yg sama untuk paket BB, pulsanya abis kesedot ngga sesuai...
  12. ndah: wow cakep2 ya om xixixi *lostfocus*
  13. acep: komentar pertama nih, donasi yang bisa di berikan selain uang ap lagi ya???
  14. imgar: mas, apa kabar ? udah lama gak mampir di sini.. hehe..

Syndicate

  1. RSS 2.0
  2. Atom
  3. RSS 2.0 (Comments)

Statbadge

I am:

Kunjungan:

  • 2 currently online
  • 5 maximum concurrent
  • 511011 total visitors


Socialite


    Komunitas MHI Tennis

    Promote Your Page Too